Friday, 4 January 2019

Basis Penggemar



Dulu rasanya kalo idola itu gak punya komunitas penggemar rasanya seperti masak sayur tanpa sayur.⠀

Sekitar 6 tahun yang lalu, Twitter masih sangat sering gue pakai. Komunitas penggemar AKB48 juga banyak yang mendadak aktif dan bermunculan.⠀

"Wah, ini fanbase Iriyama Anna belum ada nih. Apa gue bikin aja ya?" gue bertanya dalam hati. Sebenernya ada sih, beberapa, tapi itu gak jelas. Gue mau bentuk yang jelasnya.⠀

Akhirnya, gue bikin @AnninFansID di Twitter, maksudnya Anna Iriyama Fans Indonesia. Dan terkumpulah sekitar 3000-an. Tapi barusan gue cek, turun jadi 2600-an. Untuk anggota grup Facebook itu sama, 2500-an anggota, ya. Belum halaman penggemar Facebook.⠀

Mulai dari logo, stiker, baju gue desain sendiri dengan beberapa masukan dari teman-teman. Dan ya, jadi lah berbagai merchandise yang gak resmi sama sekali.⠀

Rumah gue sendiri beberapa kali jadi tempat singgah untuk penggemar AKB48 dan JKT48 yang dari luar kota. Biasanya sih pas mau konser-konser besar di Jakarta. Tapi gue sendiri gak pernah pergi ke konsernya. Sumpah.⠀

Kalo diingat kembali, gue sendiri bingung gitu, kenapa membentuk komunitas penggemar. Tapi terima kasih juga, setelah itu, banyak bantuan dari Bimo, Angga, Chandra, Angger, Karel, dan yang paling baru banget bergabung untuk bantu-bantu, Jannah. Dan bantuan-bantuan dari teman-teman komunitas lainnya.⠀

Sekali lagi, terima kasih banyak. Tanpa banyaknya bala bantuan, basis penggemar Anna Iriyama di Indonesia gak akan sebanyak ini.⠀

#30haribercerita
#30HBC1904
#30HBC
#30HBC19